5 Makanan Peningkat Kesuburan Wanita

Memiliki momongan merupakan impian sebagian besar pasangan baru menikah. Namun tak jarang, faktor kesuburan wanita yang rendah menjadi penghalang akan mimpi besar ini.

Tidak perlu gundah. Sesungguhnya meningkatkan kesuburan wanita adalah perkara yang tidak terlalu sulit. Sebab, wanita dapat meningkatkan kesuburan dirinya dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Apa saja makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita?

  1. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu mengatur siklus ovulasi dan meningkatkan produksi lendir di dalam serviks. Ini membuat sperma dapat lebih bertahan lama di dalam tubuh wanita setelah berhubungan seksual.

Sumber vitamin E yang dapat dikonsumsi adalah biji-bijian, bayam, asparagus, kacang almond, buah bit, tomat, alpukat, kiwi, dan wortel.

  1. Zink

Zink berperan dalam membantu proses pematangan sel telur dan menjaga cairan di dalam folikel telur. Zat ini juga diketahui dapat menjaga siklus menstruasi tetap stabil, sehingga masa subur terjadi secara teratur.

Zink bisa ditemukan pada daging kambing, daging sapi, hati, telur, ayam dan tiram.

  1. Zat besi

Menurut sebuah penelitian yang berkaitan dengan kebidanan dan kandungan, wanita yang mengonsumsi zat besi dapat menurunkan risiko gangguan kesuburan sebanyak 40%. Sumber makanan yang mengandung zat besi adalah telur, kacang-kacangan, sayur bayam dan serealia.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik. Peranan vitamin C bagi kesuburan wanita adalah menjaga keseimbangan hormon reproduksi. Vitamin C bisa didapatkan dari buah jeruk, papaya, stroberi, jambu, sirsak, sayur bayam, dan cabai.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 dapat menjaga keseimbangan hormon reproduksi wanita, sehingga siklus menstruasi dan ovulasi tetap teratur. Vitamin B6 bisa ditemukan pada sayuran hijau, brokoli, jagung, taoge, alpukat, jeruk, papaya, pisang, apel, dan gandum.

Agar lebih optimal dalam meningkatkan kesuburan wanita, kombinasikan konsumsi makanan di atas dengan penerapan gaya hidup sehat. Berolahragalah setidaknya tiga kali dalam seminggu, hindari konsumsi alkohol dan rokok, serta cukup istirahat. Selamat mencoba!

(NB/ RH)