Berat Badan Ideal Anak Berdasarkan Usia

Berat badan merupakan salah satu indikator optimal atau tidaknya tumbuh kembang anak. Sayangnya, mengetahui ideal atau tidaknya berat badan anak tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk mengetahui apakah berat badan anak Anda ideal, penilaiannya harus merujuk pada grafik Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pada tahun 2006, lembaga ini mengeluarkan sebuah kurva pertumbuhan anak usia 0–59 bulan sebagai berikut:

 

Grafik WHO anak laki-laki usia 05 tahun.

Grafik WHO anak perempuan usia 05 tahun.

Berikut cara menggunakan grafik pertumbuhan WHO dengan contoh perhitungan berdasarkan usia dan berat badan anak:

  1. Tentukan usia dan berat badan anak.
  2. Tentukan angka yang berada pada garis horizontal/ mendatar pada kurva. Garis horizontal pada beberapa kurva pertumbuhan WHO menggambarkan usia anak.
  3. Tentukan angka yang berada pada garis vertikal/ lurus pada kurva. Garis vertikal pada kurva pertumbuhan WHO menggambarkan berat badan anak.
  4. Hubungkan angka pada garis horizontal dengan angka pada garis vertikal, hingga mendapat titik temu (plotted point). Titik temu ini merupakan gambaran perkembangan anak berdasarkan kurva pertumbuhan WHO.

Setelah mendapatkan titik temu antara usia dan berat badan anak, berikut perhitungan yang harus Anda perhatikan (Z-skor).

Sedangkan untuk anak yang berusia di atas 6 tahun, perhitungan berat badan ideal dapat merujuk pada data dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) sebagai berikut:

Konsultasikan hasil yang Anda dapatkan dengan dokter spesialis anak, terlebih jika hasilnya tidak normal. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebabnya, sehingga penanganan yang optimal untuk mengembalikan berat badan anak dapat segera dilakukan.

(NB/ RH)